Di Balik Rasa Pedasnya, Cabai Rawit Menyimpan 7 Manfaat Ini

Gambar oleh Enotovyj dari Pixabay 

Banyak dari kita yang menggunakan cabai rawit sebagai bumbu pelengkap agar makanan lebih menggugah selera. Tapi tahukah Anda bahwa cabai rawit memiliki banyak manfaat kesehatan?

Selain untuk makanan, cabai rawit telah dijadikan komponen obat-obatan sejak ratusan tahun lalu lalu. Cabai rawit hijau maupun merah memiliki sifat antiracun berupa capcaisin yang dapat merangsang sirkulasi tubuh.

Ini 7 manfaat cabai rawit untuk kesehatan:

  1. Kaya Nutrisi dan Vitamin

Dilansir Healthline, setiap 5 gram cabai rawit mengandung:

  • Kalori: 17
  • Lemak: 1 gram
  • Karbohidrat: 3 gram
  • Serat: 1,4 gram
  • Protein: 0,6 gram
  • Vitamin A: 44% dari RDI
  • Vitamin E: 8% dari RDI
  • Vitamin C: 7% dari RDI
  • Vitamin B6: 6% dari RDI
  • Vitamin K: 5% dari RDI
  • Mangan: 5% dari RDI
  • Kalium: 3% dari RDI
  • Riboflavin: 3% dari RDI
  1. Meningkatkan Metabolisme

Capsaicin dapat meningkatkan metabolisme. Zat Ini membantu meningkatkan jumlah panas yang dihasilkan tubuh dan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori per hari.

Dalam sebuah penelitian, seseorang yang sarapan mengandung capsaicin dapat membakar 51% lebih banyak kalori dibandingkan orang yang justru melewatkan sarapan paginya.

  1. Membantu Kesehatan Pencernaan

Cabai rawit dapat membantu meningkatkan pertahanan perut terhadap infeksi. Tak hanya itu, kandungan capcaisin di dalamnya dapat meningkatkan produksi cairan pencernaan dan membantu mengirimkan enzim ke perut.

Beberapa orang meyakini cabai rawit dapat menyebabkan sakit maag. Namun sebuah makalah internasional menunjukkan capcaisin dalam cabai rawit justru membantu mengurangi risiko sakit maag.

  1. Membantu Menghilangkan Rasa Sakit

Capsaicin memiliki sifat penghilang rasa sakit atau luka dalam ketika dioleskan ke kulit dalam bentuk krim. Capsaicin membantu mengurangi jumlah zat P, neuropeptida .yang diproduksi tubuh ke otak untuk memberi sinyal rasa sakit.  Capsaicin tersedia sebagai krim kulit dan sering direkomendasikan untuk nyeri otot, sakit punggung, sakit pasca-operasi, hingga kondisi rusak.

  1. Dapat Membantu Keluhan Psoriasis

Psoriasis adalah salah satu penyakit autoimun yang menimbulkan bercak merah dan gatal pada kulit. Krim dengan kandungan capsaicin dapat membantu meredakan gatal dan memperbaiki penampilan area yang terkena psoriasis.

Zat P diyakini berperan dalam psoriasis. Itu dikarenakan capsaicin membantu mengurangi jumlah zat P yang diproduksi oleh tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Capsaicin menunjukkan pengurangan risiko kanker. Capcaisin dapat menutup banyak jalur yang berpotensi dilewati pertumbuhan sel kanker.

Penelitian telah menunjukkan bahwa capsaicin dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker dan menyebabkan kematian sel untuk berbagai jenis kanker, termasuk kanker prostat, pankreas, dan kulit.

  1. Menu Sehat untuk Diet

Cabai rawit mudah dimasukkan ke dalam menu diet karena tersedia dalam berbagai bentuk, bisa sebagai makanan utuh, bumbu atau suplemen. Kita bisa menambahkan sejumput bumbu cabai rawit ke banyak makanan favorit seperti telur, kentang goreng home made, atau sebagai bumbu marinasi dan irisan.

Cabai rawit dapat mengurangi rasa lapar dan membantu kita untuk makan lebih sedikit sehingga merasa kenyang lebih lama. Capcaisin di dalam cabai rawit dapat  mengurangi produksi ghrelin, hormon yang menimbulkan rasa lapar.

Itulah manfaat cabai rawit untuk kesehatan. Meski aman dikonsumsi, hindari makan atau menggunakan produk capcaisin berlebih. Mengonsumsi cabai rawit terlalu banyak akan menyebabkan sakit perut dan mual.

Dapatkan kesegaran dan rasa pedas cabai rawit di TaniHub, aplikasi e-commerce yang menyediakan kebutuhan makanan pokok Anda. Segala macam sayur, buah, ikan, telur hingga daging dapat Anda temukan di aplikasi yang langsung terhubung dari para petani ini. Ayo belanja di TaniHub dan raih promo menarik setiap minggunya.

Sumber;

https://www.healthline.com/nutrition/8-benefits-of-cayenne-pepper#TOC_TITLE_HDR_11
https://www.webmd.com/diet/health-benefits-cayenne-pepper#2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Dia Beberapa Posisi Seks yang Dapat Mempercepat Kehamilan

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa berhubungan intim merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk mendapatkan momongan. Menurut kabar yang beredar, ternyata ada beberapa posisi seks yang dipercaya dapat membantu

Konser Musik Live Streaming

Di masa pandemi ini banyak kegiatan yang tidak boleh dilakukan di outdoor termasuk konser musik. Sehingga ada banyak konser musik kecil yang dilakukan secara online. Dalam hal ini, anda bisa

Apakah Kursus Bahasa Inggris Secara Online Itu Efektif?

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa di era yang serba digital seperti sekarang ini berbagai kegiatan pun dapat dilakukan secara online. Ya, terang saja demikian, sebab kehidupan di era milenial