5 Usaha Sampingan Modal Kecil Setelah Lebaran

https://lh5.googleusercontent.com/fpYAL_BUzx_GI155OX4h5PUSZnH4yzEDmp3OjU-6B8_lykCN4VNXB-CcEap6pismi4zFpQ-qmoIyRfDaf-lGCKs9SOw35ETULyL_bEfiFFyESbK74kocXmWKiZcm7yCXlS0GCing

Usaha sampingan modal kecil setelah lebaran memungkinkan kita bisa memiliki pendapatan di luar pekerjaan utama. Usaha sampingan ini bisa dilakukan tanpa harus mengganggu waktu bekerja. Jadi, usaha ini bisa dijalankan sepulang kerja atau pada saat akhir pekan.

Beberapa usaha berikut ini sebenarnya tidak banyak membutuhkan modal terlalu banyak. Meskipun butuh modal, yang dibutuhkan tidak lebih dari Rp1 juta. Lagipula saat ini cukup banyak lembaga keuangan yang memberikan pinjaman dana untuk usaha kecil dan menengah.

Nah, beberapa ide usaha sampingan ini bisa dijadikan contoh ide usaha setelah lebaran, sebagai berikut ini:

1. Jualan topi anti corona

Meskipun belum ada kejelasan sampai kapan sekolah akan diliburkan tetapi persiapan yang perlu dilakukan para orang tua sudah dimulai. Beberapa persiapan tersebut mulai dari seragam sekolah, alat tulis dan buku, sampai dengan memenuhi protokol kesehatan.

Peluang tersebut bisa diisi dengan berjualan topi anti corona. Topi ini melindungi muka atau wajah anak-anak sehingga bisa lebih memberikan perlindungan saat harus kembali masuk ke sekolah. Topi-topi sederhana ini bahkan bisa dibuat sendiri. Jika pun tidak memiliki waktu, kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper dari pada distributor atau pedagang online lainnya. 

2. Service motor panggilan

Bagi yang memiliki keterampilan-keterampilan khusus seperti montir motor, sebenarnya kini terbuka peluang yang cukup luas. Modalnya hanya kompresor listrik kecil dan peralatan atau perkakas bengkel sudah bisa melakukan service panggilan.

Service panggilan ini bisa dilakukan pada akhir pekan atau pada malam hari. Kadang-kadang ada juga konsumen yang hanya punya waktu pada malam hari sementara bengkel-bengkel sudah tidak melayani. Tentu saja layanan yang diberikan hanya service ringan seperti membersihkan karburator atau settingan injeksi, penggantian oli, atau kampas rem dan lain sebagainya. 

3. Les privat online

Setelah sekolah dimulai salah satu yang menjadi beban tambahan para orang tua adalah membimbing anak-anaknya belajar. Padahal, orang tua pun kadang-kadang masih disibukkan dengan pekerjaan yang harus dibawa pulang.

Peluang tersebut bisa dimanfaatkan dengan memberikan jasa les privat secara online. Dengan bermodalkan kuota internet belajar secara online kini tetap bisa dilakukan melalui video call atau layanan pertemuan online seperti yang disediakan oleh Zoom, Google Meeting, maupun beberapa aplikasi teleconference lainnya.

4. Service handphone panggilan

Kondisi darurat saat handphone rusak memang agak mengganggu. Pasalnya bisa menghambat komunikasi sementara untuk datang ke tempat service di masa pandemi pun sangat berisiko. Nah, dengan membuka service handphone panggilan memberikan opsi yang lebih baik bagi masyarakat yang membutuhkan jasa perbaikan di rumahnya masing-masing.

5. Jasa pembuatan website atau blog

Usaha konvensional saat ini banyak yang terpukul karena pandemi. Namun, masih ada peluang dan potensi yang dimaksimalkan dengan mengganti sistem penjualan secara online. Wadahnya membutuhkan website atau blog resmi untuk menunjukkan kehadiran toko secara online.

Dengan modal sederhana dan keterampilan dalam memasarkan jasa layanan pembuatan website dan blog, kamu bisa menyasar beberapa pengusaha kecil dan menengah yang ingin memulai berjualan secara online sehingga bisa menyelamatkan usahanya di tengah krisis.

Berbagai peluang usaha sampingan tersebut nyaris ada yang tidak membutuhkan modal sama sekali. Minimal perlu kuota untuk memasarkan jasa secara online. Soal dana, tidak usah khawatir karena fintech seperti Kredivo pun bisa dijadikan pilihan untuk mengajukan pinjaman dana untuk modal usaha. 

Terlebih lagi, Kredivo sudah terdaftar di OJK dengan nomor S-236 / NB.213 / 2018 atas nama PT FinAccel Digital Indonesia sehingga semua proses transaksi aman dan transparan.

Ada dua produk pinjaman cepat yang ditawarkan oleh Kredivo yaitu pinjaman mini dengan maksimal limit Rp1 juta dan pinjaman jumbo dengan pengajuan mulai dari Rp1 juta. Sementara layanan kredit online tetap bisa dimanfaatkan ketika belanja di beberapa ecommerce atau merchant yang sudah bermitra dengan Kredivo.

Untuk mendaftar menjadi member Kredivo, kamu harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Itulah beberapa ide usaha sampingan dengan modal minim yang bisa dicoba setelah lebaran.Jangan ragu jika membutuhkan dana baik untuk kebutuhan produktif maupun konsumtif dari Kredivo. Unduh aplikasi resminya secara gratis lewat Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Beberapa Situs Freelance Indonesia

Di era digital seperti sekarang ini, yang namanya bekerja itu bukan hanya bisa dilakukan di tempat-tempat tertentu saja, seperti di kantor, pabrik, sekolah, dan lain sebagainya. Namun, anda bisa bekerja